PENGARUH PERAN AUDIT INTERNAL TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi pada Pemerintah Kota Lhokseumawe)

  • Nazaruddin Nazaruddin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Lhokseumawe
  • Syahrial Syahrial Politeknik Negeri Lhokseumawe

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh peran audit internal terhadap kualitas laporan keuangan pada pemerintahan Kota Lhokseumawe. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji pengaruh peran audit internal terhadap kualitas laporan keuangan pada pemerintahan Kota Lhokseumawe. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dengan membagi kuesioner kepada 85 pegawai yang dijadikan sebagai sampel penelitian. Pengolahan data dilakukan dengan bantuan model persamaan linear berganda program SPSS versi 19. Hasil penelitian, koefisien korelasi (R) sebesar 0,551 (55,1%) artinya peran audit internal mempunyai hubungan yang kuat dengan Kualitas laporan keuangan pada pemerintahan Kota Lhokseumawe. Koefisien determinasi (Adjusted R2) sebesar 0,304 (30,4%) artinya peran audit internal memiliki kemampuan dalam menjelaskan pengaruhnya terhadap Kualitas laporan keuangan pada Pemerintah Kota Lhokseumawe sebesar 30,4%. Sedangkan sisanya 69,6% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model penelitian ini seperti sistem informasi akuntansi, kualitas sumber daya manusia, dan lain-lain. Berdasarkan pengujian hipotesis secara parsial (uji-t) mengenai pengaruh peran audit internal terhadap Kualitas laporan keuangan pada Pemerintah Kota Lhokseumawe yang diperoleh diperoleh thitung sebesar 6.019 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 dan diketahui ttabel sebesar 1,663. Dengan demikian thitung > ttabel, artinya peran audit internal berpengaruh signifikan terhadap Kualitas laporan keuangan pada pemerintahan Kota Lhokseumawe.

Author Biographies

Nazaruddin Nazaruddin, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Lhokseumawe

Program Studi Akuntansi

Syahrial Syahrial, Politeknik Negeri Lhokseumawe

Program Studi Akuntansi

Published
2018-08-01
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.