PENGARUH LOAN TO DEPOSIT RATIO, NON PERFORMING LOAN, DAN RETURN ON ASSET TERHADAP CAPITAL ADEQUACY RATIO PADA BANK PEMBANGUNAN DAERAH DI INDONESIA

  • Mutia Sari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Lhokseumawe
  • Edi Zulfiar Politeknik Negeri Lhokseumawe

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel LDR, NPL dan ROA terhadap CAR. Data yang digunakan adalah publikasi laporan tahunan Bank Indonesia sejak tahun 2011 sampai dengan 2015. Selama periode pengamatan menunjukkan bahwa data penelitian berdistribusi normal. Berdasarkan uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi tidak ditemukan variabel yang menyimpang dari asumsi klasik, hal ini menunjukkan bahwa data yang tersedia telah memenuhi syarat untuk menggunakan model persamaan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variable LDR, NPL dan ROA secara parsial berpengaruh signifikan terhadap CAR dengan nilai probabilitas lebih kecil dari 0,05 dan secara bersama-sama LDR, NPL dan ROA terbukti berpengaruh signifikan terhadap CAR. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa dalam model regresi sebesar 0.094% perubahan variabel CAR disebabkan ketiga variabel yang diteliti, sedangkan sisanya 90.6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diajukan ke dalam penelitian ini.

Author Biographies

Mutia Sari, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Lhokseumawe

Program Studi Akuntansi

Edi Zulfiar, Politeknik Negeri Lhokseumawe

Program Studi Akuntansi

Published
2018-08-01
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.